Kamis, 19 November 2015

Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan Manusia

manfaat gerakan shalat bagi kesehatanShalat merupakan kewajiban setiap umat muslim, bahkan boleh dikatakan, kebutuhan bagi umat muslim dan merupakan jenis ibadah pertama yang dipertanggungjawabkan dihadapan Allah. Shalat 5 waktu merupakan rukun iman yang kedua dimana amal ini akan menyempurnakan keislaman kita. Tapi, pernahkah berpikir bahwa ada manfaat gerakan shalat bagi kesehatan kita sebagai manusia?

Melakukan shalat tidak cukup hanya sekedar gerakan yang benar. Namun, shalat itu menyehatkan. Dimulai dari takbiratul ihram hingga salam, banyak sekali gerakan shalat yang justru dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Banyak masyarakat yang belum mengetahui tapi mereka bisa merasakan manfaatnya tanpa disadari. Apa sebenarnya manfaat dibalik gerakan shalat?


Inilah Manfaat Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan Manusia


Berikut ini merupakan gerakan-gerakan yang ada dalam pelaksanaan Ibadah Shalat sekaligus manfaat setiap gerakan tersebut untuk kesehatan tubuh kita manusia:

TAKBIRATUL IHRAM


Gerakan shalat yang pertama adalah takbiratul Ihram yang dimulai dengan cara Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, lalu melipatnya di depan  perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan.

GERAKAN RUKU’

Ruku’ yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atasnya tidak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan Ruku’ yang benar ketika shalat akan mencegah serta mengobati nyeri punggung, spondilitis, serta spasme otot perut dalam dan otot-otot punggung.

GERAKAN I’TIDAL

Bangun dari ruku’ tubuh tubuh kembali tegak, setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. I’tidal merupakan variasi dari postur setelah ruku’ dan sebelum sujud. Gerakan shalat ini sangat bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan manusia.

GERAKAN SUJUD

Gerakan sujud tergolong unik. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia merendahkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih menerima pasokan oksigen. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkin darah mengalir maksimal ke otak.

DUDUK SETELAH SUJUD

Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. Pada saat iftirosy, tubuh bertumpuh pada pangkal paha yang terhubung pada saraf nervus ischiadus. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tdak bisa berjalan.

Duduk tawarru’ sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. Jika gerakan duduk dalam shalat ini dilakukan dengan benar, posisi ini mampu mencegah impotensi.

BERDIRI DARI SUJUD

Gerakan shalat ini meningkatkan kekuatan otot-otot lengan, tangan, bahu, pinggan, paha dan tungkai bawah. Gerakan ini juga meningkatkan fleskibilitas persendian serta mencegah dan mengobati encok danartristis.

GERAKAN SALAM

Gerakan salam yang merupakan penutup ibadah shalat, gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Gerakan salam ketika shalat bisa bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar kepala, menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Nah, sekarang sudah tahu kan Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan Manusia?. Makanya, jangan malas untuk melakukan Ibadah yang satu ini. Karena selain manfaat spiritual yang dapat anda dapatkan, pahala yang bisa anda terima, serta pengampunan Dosa kecil yang pernah kita lakukan, juga manfaat jasmani bisa kita nikmati. Semoga Bermanfaat


==============================================
Dapatkan Koleksi Busana Muslim untuk kebutuhan Ibadah anda sehari-hari. Seperti Kaos Muslim, Pashmina, dan masih banyak lagi yang lainnya di www.keranjangmuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar