Senin, 16 November 2015

Kiat Membangun Keluarga Muslim Sakinah yang Diimpikan

membangun keluarga sakinahKeluarga Sakinah adalah sebuah keluarga yang dibangun dari hubungan suami istri dari pernikahan syar'i, untuk membina ketenangan, kebahagiaan, serta saling memenuh hak dan kewajiban dalm kehidupan rumah tangga yang lahir dari perasaan cinta dan kasih sayang. Namun, bagaimana kiat membangun keluarga Muslim Sakinah seperti yang kita impikan?


Sebelum lebih jauh membahas mengenai kiat membangun keluarga muslim sakinah, terlebih dahulu kita lebih perlu memahami bahwa tujuan keluarga sakinah adalah mencapai Ridha Allah, yaitu memasuki surgaNya, bukan Neraka-Nya. Oleh karena itu, Allah selalu menjanjikan orang-orang beriman dan beramal sholeh untuk memasuki surgaNya dan tidak mendapat azab-Nya.

Setiap kita tentunya sangat mendambakan bahtera rumah tangga yang dinaungi kebahagiaan atau dalam Al-Qur'an disebut sakinah mawaddah wa rahmah.

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah." (Q.S. Adz-Dzariyat : 49)

Ummu Salamah ra. menggambarkan betapa berseri-seri wajah Rasulullah ketika mendengar pinangan putri beliau yang dimohonkan oleh Ali bin Abi Thalib ra. Karena sang calon menantu adalah seorang pemuda gagah berani, berilmu dan berakhlak mulia. Pemuda itu sejak kecil ada di bawah bimbingan dan didikan beliau sebagai anak angkat yang dari sulbinya akan lahir keturunan Rasulullah SAW, yang disebut Ahlul Bait atau Adz-Dzuriyah.

Prosesi akad Nikah berjalan dengan khidmat dan penuh dengan nilai-nilai kesakralan walaupun mahar yang diberikan Ali bin Abi Thalib hanya 400 dirham atau senilai dengan sebuah baju besi untuk berperang. Bahkan perjamuan walimatul 'ursy hanyalah kurma dan kismis anggur yang dikeringkan.

Nah, melihat pada kisah singkat pernikahan Putri Rasulullah dan Ali bin Abi Thalib di atas, sudah cukup menjadi inspirasi bagi kita yang ingin membangun keluarga sakinah. Kiat membangun keluarga muslim sakinah dapat kita ambil beberapa pesan dari kisah tersebut. Lalu bagainana kiat selanjutnya?

Inilah Kiat Membangun Keluarga Muslim Sakinah yang Diimpikan


Beriman Kepada Allah

Allah berfirman bahwa orang-orang yang dapat menjaga keluarganya dari ancaman neraka adalah mereka yang beriman kepada Allah SWT

Memilih Pasangan yang Baik

Surah An-Nisa ayat 1-2 dan Hadits Rasulullah saw menyebutkan "Pilihlah wanita yang menjadi tempat lahirnya keturunanmu karena ia mempengaruhi baik atau buruknya keturunan"

Hidup dengan Cinta dan Kasih Sayang

Landasannya adalah surat Ar-Ruum ayat 21 dan definisi keluarga sakinah di atas. Juga sabda Rasulullah SAW "Sesungguhnya aku adalah seorang yang paling baik terhadap keluargaku dan berbuat baiklah kalian kepada keluarga kalian"

Menafkahi Keluarga dengan Nafkah Halal dan Baik

Firman Allah "Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang telah Allah rezekikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya"

Perhatikan Pendidikan Anak

Sabda Rasulullah SAW "Sesungguhnya Allah akan menanyakan kepada setiap orang tentang keturunannya"

Demikianlah tips singkat mengenai kiat membangun keluarga muslim sakinah. Sebenarnya sudah begitu banyak kajian yang mengupas bagaimana membangun fondasi keluarga sakinah. Hal paling mendasar yang harus diperhatikan dari semua itu adalah keluarga harus dijadikan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar